AK, Senapan Tangguh Andalan Teroris

Selasa, 28 September 2010


Mikhail Kalashnikov mungkin tidak pernah mengira bila senapan serbu rancangannya akan menjadi senjata paling terkenal dan paling banyak digunakan di dunia. Ditaksir sudah sekitar 100 juta pucuk senjata Avtomat Kalashnikov (AK) diproduksi sejak pertama kali dibuat massal tahun 1947.

AK-47, itulah senjata legendaris buatan Rusia itu. Dinamai sama seperti tahun kelahirannya. Sosoknya mudah dikenali dari grip dan popor kayu serta magasennya yang melengkung.

China mengcopy paste semua sistem AK-47 dan akhirnya mengeluarkan AK versi China yang dinamai AK-56. Bentuknya hampir serupa, hanya beberapa bagian kayu diganti besi.

Senapan serbu AK cepat disukai karena perawatannya yang mudah dan ketahanannya yang luar biasa. "Senjata ini kuat, enak dipegang dan tangguh. Terendam lumpur atau air laut tidak masalah. Tinggal dikokang dan tembak," ujar seorang anggota pasukan khusus TNI kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Saat mesra dengan Rusia tahun 1960an, TNI pernah membekali pasukannya dengan AK-47. Beberapa satuan elit TNI dalam operasi Trikora dan Dwikora pernah dipersenjatai dengan AK-47.

AK hampir selalu terlibat dalam setiap konflik dan peperangan di seluruh dunia. Termasuk hampir seluruh aksi teroris di dunia. Kerap digambarkan para teroris mengenakan penutup kepala dan menenteng AK. Di Indonesia salah satunya.

Senapan ini menggunakan peluru kaliber 7,62 × 39 mm. Bandingkan dengan M-16 dan senapan standar NATO yang menggunakan peluru kaliber 5,56 × 45 mm. Akurasi AK-47 tidak terlalu baik, karena itu senjata ini lebih nyaman digunakan untuk memberondong musuh.

AK-47, AK-56 dan varian lainnya mungkin adalah senjata pembunuh massal yang sebenarnya. Dalam peperangan antar negara, aksi terorisme, peperangan bermotif obat bius, hingga separatis, senapan ini telah membunuh jutaan orang.

Hal ini sempat disinggung dalam film Lord of War yang dibintangi Nicholas Cage yang berperan sebagai Yuri Orlov. Dalam film yang bercerita soal penjual senjata ini, agen Interpol Jack Valentine berkata pada Yuri.

"Apa senjata pemusnah massal itu sebenarnya? Apakah senjata nuklir? Bukan! 9 Dari 10 orang yang tewas dalam konflik bersenjata disebabkan oleh senapan serbu atau senjata genggam, seperti yang kau jual. Senjata nuklir itu aman di tempatnya. AK-47 milikmu, itulah senjata pemusnah massal sebenarnya

1 comments:

Anonim mengatakan...

fire in the hole...

Posting Komentar